Menjelajah Eksotisme Tiga Danau Unik di Suoh

Lampung Barat memang di kenal memiliki banyak destinasi wisata yang begitu mempesona, namun tak banyak orang tahu bahwa Lampung Barat memiliki sebuah lokasi kawasan wisata yang sangat cantik, indah dan eksotik yang terletak di Desa Sukamarga Kecamatan Suaoh, masyarakat sekitar kerap menyebutnya sebagai Danau Suoh.

Hingga kini, cerita terbentuknya tiga danau di Suoh yaitu Danau Lebar, Danau Minyak dan Danau Asam masih di yakini akibat gempa dahsyat yang terjadi di Liwa puluhan tahun silam, namun terlepas dari itu semua tiga danau yang memiliki luas berbedsa-beda ini memiliki keindahan yang menyejukan pandangan mata.

Danau Lebar yang memiliki area terluas dari dua danau lainnya tetap menjadi tujuan utama para pelancong, baik pelancong yang berasal dari Lampung maupun pelancong di luar Lampung.Dari kejauhan danau seluas 65 hektare ini memiliki air berwarna biru pekat tetapi setelah di dekati air danau terlihat begitu jernih.

Danau ini juga memiliki satu pulau kecil yang berada di tengah-tenga danau seperti Pulau Samosir di Danau Toba, pulau ini di penuhi dengan berbagai tanbaman dan pepohonan, masyarakat sekitar sering menyebutnya sebagai pulau Lebar.

Namun demikian dua danau lainnya sesungguhnya tak kalah menarik dengan Danau Lebar, Danau Asam dan Danau Minyak memiliki keunikan masing-masing. Danau Asam misalnya, disebut Danau Asam karena memang rasa air di danau ini konon terasa asam.

Danau Asam di kelilingi padang pasir silica yang sangat luas, semburan air panas alami dengan kolam-kolam airnya berada tak jauh dari jalanan yang dilalui. Pengunjung juga akan di suguhi pemandangan unik hamparan Bunga Kantong Semar yang merupakan tanaman endemik Danau Asam, di lokais ini juga banyak dijumpai gundukan pasir menyerupai anak gunung dengan bagian tengahnya keluar asap putih. Pasir Kuning ini terletak di tepi Danau Asam.

Sementara Danau Minyak sangat unik karena permukaan airnya seperti berminyak.selain itu air danau seluas 15 hektare ini kera beruba warna sehingga banyak juga masyarakat dan pengunjung menyebutnya sebagai Danau Tiga Warna.

Di Danau Minyak ini juga dijumpai ratusan burung Belibis yang berkumpul dan berenang di sini. Di tepi danau para pengunjung bisa menyaksikan semburan air berwarna merah terang yang berasal dari Kawah Merah yang ada di tepi Danau Minyak ini.

Selain pemandangan danau, pengunjung juga di suguhkan keseruan lainya saat akan menuju lokasi wisata ini. Betapa tidak lokasi danau yang berada di perkampungan warga ini, sebagian perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki melewati perkebunan kakao milik warga, aliran sungai, padang ilalang dengan jalan setapak dan perbukitan hijau

Leave a Response