Winarti; Bupati Wanita Pertama di Tulang Bawang

Perjalanan karir perempuan kelahiran Kurnia Mataram ini terbilang cukup cemerlang. Memulai karir politik sebagai Sekretaris Ranting PDI Perjuangan Kabupaten Lampung Tengah di tahun 1999, Karir politik perempuan yang pernah menjabat sabagai Wakil Direktur PT. Wikajaya Bina Prima ini terus melesat khusunya di Partai berlambang Banteng bermoncong Putih ini.

Berturut turut di tahun 2000 hingga saat ini, Winarti pernah mencabat sebagai, Ketua PAC PDIP Kecamatan Seputih Mataram Lampung Tengah, Bendahara PAC PDIP Kecamatan Gedung Meneng, Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Tulang Bawang, Ketua DPC PDIP Kabupaten Tulang Bawang.

Hingga akhirnya Winarti berhasil menduduki Kursi Ketua DPRD Provinsi Lampung dan sekarang terpilih menjadi orang nomor satu di  Kabupaten Tulang Bawang, sekaligus perempuan pertama yang memimpin Kabupaten Tulang bawang

Diakui Winarti, terpilihnya Ia menjadi Bupati Tulang Bawang tak lepas dari peran banyak pihak yang turut membantu terutama masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang yang telah memberikan amanah dan kepercayaan dalam mewujudkan kengianannya untuk membangun Tulang Bawang ke arah yang lebih baik.

“Dulu saat saya masih menjabat sebagai Ketua DPRD, keinginan itu sudah membuncah, namun ketika saya berada di ranah Legislatif langkah dan kinerja saya belum dapat sepenuhnya dicurahkan untuk Kabupaten Tulang Bawang, dengan saya bergerak di ranah eksekutif maka harapan saya kedepan dapat memaksimalkan kinerja saya untuk dapat memajukan kabupaten Tulang Bawang.” Ujar perempuan yang lahir pada 4 April 1975 ini.

Winarti mengaku bersyukur dilahirkan di tengah-tengah keluarga besar yang saling memberi perhatian, suport dan kasih sayang baik dari kedua orang tua maupun saudara-saudaranya yang berjumlah 11 orang, Ia juga sangat bersyukur di anugerahkan pasangan yang sangat mensuport karir saya di dunia politik

Anak ke 9 dari 12 bersaudara ini bertutur bahwa sejak kecil Ia selalu  ditekankan untuk terus belajar dan juga aktif di bidang olahraga, karena dengan aktif berolahraga akan menumbuhkan jiwa sportifitas dan kerja sama team yang merupakan cerminan masyarakat  yaitu gotong royong, “Dan jujur sekarang saya sangat merasakan manfaatnya bagaimana kita berkerjasama sebagai sebuah team baik di dalam olahraga maupun disaat saya sekarang aktif dalam berorganisasi.” Tutur Winarti

Adalah Megawati Sukarno Putri, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang menginspirasi Winarti untuk terjun ke dunia politik, “saya sangat terinspirasi dengan apa yang beliau lakukan, saya melihat bahwa apa yang di capai oleh Ibu Megawati adalah sebuah pembuktian bahwa kaum perempuan dapat menjalankan tugas sebagaimana yang kaum pria lakukan.” Jelas perempuan yang sempat menggemari motor trail ini.

Sebagai seorang perempuan, Winarti sangat mengerti betul konsekuensi apa yang bakal ia hadapi sebagai seorang yang meniti karir di bidang politik sekaligus sebagai seorang ibu rumah tangga, “Sebagai seorang wanita saya menyadari sepenuhnya tugas dan kewajiban saya sebagai ibu rumah tangga dan kewajiban saya sebagai wanita karier semua harus dapat dijalankan secara seimbang, namun tentunya semua ini bisa saya jalankan secara maksimal dengan dukungan pasangan saya yang sejak awal sangat mendukung saya, terlebih lagi apabila yang saya lakukan adalah untuk kemajuan  masyarakat,” ungkapnya

Di tanya soal perkembangan peran perempuan di Kabupaten Tulang Bawang, dengan bersemangat Winarti menjawab bahwa seharunya perempuan Indonesia diberikan akses dan kesempatan yang lebih besar untuk menduduki posisi-posisi penting di semua bidang baik politik dan ekonomi.

“Namun kita lihat dan kita dengar sekarang bahwa kesetaraan gender yang di dengung-dengukan sendiri belum sepenuhnya diterapkan di Negara kita karena masih seringnya kita lihat kesempatan yang diberikan untuk kaum perempuan dalam dunia kerja yang masih tergolong belum seimbang dengan kaum pria,”

Menurut Winarti saat ini banyak sekali kaum perempuan yang memiliki akses pendidikan tinggi pada umumnya bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Namun, Hanya sedikit saja yang menduduki jabatan pimpinan atau pengambil keputusan. “Karenanya harapan saya kedepan nantinya kaum perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan kaum pria,”

Ia juga memberikan tips agar para kaum perempuan mampu berkarier sekaligus menjaga keharmonisan keluarga adalah dengan terus belajar untuk menyeimbangkan antara berkarir dan tugas sebagai ibu rumah tangga.

“ intinya niatlah dengan tulus, manfaatkan perkembangan teknologi, karena semua itu dapat memudahkan kita dalam meniti karir di bidang apapun, ingatlah pesan RA. Kartini bahwa pendidikan adalah pintu perubahan untuk wanita indonesia”, mari kita patrikan di dalam jiwa kita semangat RA Kartini dalam berkarier,” ajak Winarti dengan semangat tinggi

Leave a Response